Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 42, Sekarsuli, Klaten Utara, Jawa Tengah, Indonesia.
(0272) 335 2002
training.vhsklaten@gmail.com

Mengenal Istilah-istilah dalam Dunia Perhotelan

Mencetak Lulusan Siap Kerja di Hotel & Kapal Pesiar

Mengenal Istilah-istilah dalam Dunia Perhotelan

Sebagai calon karyawan perhotelan sebaiknya perlu mengenal istilah-istilah (terminology) yang digunakan di hotel, supaya ketika bekerja di hotel sudah paham dan mengenal istilah-istilah asing tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Status kamar hotel

  • Vacant Clean :

kamar bersih atau sudah selesai dibersihkan oleh staff housekeeping

  • Vacant Dirty :

Kamar hotel dalam keadaan kotor, biasanya terjadi setelah tamu check out

  • Occupied Clean :

Kamar hotel yang ditempati tamu sudah dibersihkan oleh staff housekeeping

  • Occupied Dirty :

Kamar hotel yang ditempati tamu belum dibersihkan atau dalam keadaan kotor

  • Out Of Order (OO) :

Kamar hotel yang tidak dapat dijual karena rusak

  • Out of Service (OS) :

Kamar hotel yang masih bisa dijual akan tetapi baru dalam masa perbaikan

  • House Use :

Kamar hotel yang digunakan atau ditempati oleh staff hotel

  • DND (Dont Distrub) :

Tamu hotel tidak ingin terganggu/tidak mau diganggu

  • Sleep out (S/O) :

Kamar hotel yang dibayar oleh tamu tetapi tamu menginap diluar hotel, biasanya semua barang milik tamu masih ada di hotel dan tamu tersebut kembali lagi untuk menginap dikamar yang sama dikemudian hari.

  • Day Use :

Tamu yang memesan kamar dan digunakan hanya pada hari itu saja

2. Reservasi

  • C/I (Check In) :

proses tamu yang baru datang dan melakukan registrasi

  • C/O (Check out) :

Proses tamu yang sudah keluar dari kamar hotel dan akan menuntaskan pembayarannya

  • W/I (Walk in) :

Tamu hotel yang masuk ke hotel tanpa pemesanan kamar sebelumnya

  • OTA/Online Travel Agent:

Pemesanan kamar secara online atau menggunakan website dari pihak ketiga (online travel agent)

  • Average Occupancy :

Rata-rata tingkat hunian kamar pada suatu periode tertentu dengan cara membandingkan antara jumlah kamar yang terjual dibandingkan dengan jumlah kamar yang tersedia.

  • Average Room Rate :

Rata-rata harga per kamar dengan cara membandingkan antara pendapatan yang diperoleh dari kamar dengan jumlah kamar yang terjual.

  • Blocking Rooms :

Mengalokasikan kamar-kamar dengan suatu tanda pada system bahwa kamar tersebut tidak dapat dijual kepada orang lain sampai pada batas waktu tertentu.

  • Stay Over :

Tamu yang memperpanjang masa tinggalnya di hotel.

  • Sleep Out:

Menandakan bahwa tamu tidur diluar hotel dimana barang-barangnya masih ada di hotel yg kemudian akan kembali tinggal lagi dihotel di hari berikutnya.

3. Pelayanan

  • Morning Call atau Wake Up Call :

Permintaan tamu kepada staff front office agar tamu dibangunkan pada saat jam tertentu dengan menggunakan dering telepon.

  • Welcome Drink :

Jamuan minuman yang disediakan oleh pihak hotel dalam menyambut tamu sebagai ucapan selamat datang

  • Vallet :

Pelayanan yang diberikan oleh hotel untuk memarkirkan kendaraan tamu. Tamu cukup memberikan kunci mobilnya kepada petugas agar mobilnya diparkirkan

4. Food & Beverage (F&B)

  • Menu A’la carte :

Merupakan menu yang memiliki harga yang dipesan masing-masing.

  • Full Set Menu :

Menu yang dipesan secara paket, dari mulai hidangan pembuka, hidangan utama dan hidangan penutup beserta minuman.

  • Buffet :

Jamuan untuk prasmanan yang terdapat banyak pilihan menu hidangan

  • Clear Up :

Pengambilan peralatan makanan yang sudah tidak digunakan pada saat atau setelah tamu menyantap menu hidangan.

  • Condiment :

Penyedap makanan seperti garam, kecap, tomato sauce, chilli powder, makanan pendamping seperti krupuk, kacang goreng, dan bumbu penyerta makanan seperti bubuk koya pada soto.

  • Guest Napkin :

Serbet makan yang terbuat dari kain

  • Mocktail :

Salah satu minuman non alkohol atau minuman dari bahan campuran, misalnya bahan dari buah dan soda

  • Sunny side up :

Telur mata sapi dengan kuning telur yang masih lembek

  • Cocktail :

Campuran minuman yang menggunakan liquor / alkohol atau bisa juga dicampur dengan buah-buahan.

4. Harga/Room Rate

  • Contract/corporate Rates :

Harga kamar khusus yang diberikan kepada karyawan- karyawan perusahaan yang secara terus menerus mengirimkan karyawan/tamunya dan menggunakan hotel tersebut dalam kurun waktu dan volume tertentu yang dituangkan dalam bentuk perjanjian dengan hotel.

  • Publish Rates :

Harga kamar yang diberikan yang tertera untuk publik atau tamu yang melakukan check in secar langsung.

  • ++ :

Harga belum termasuk pajak dan juga service charge.

  • Include breakfast :

Harga yang ditawarkan termasuk sarapan pagi.

 

Itulah beberapa istilah yang akan dijumpai ketika bekerja di hotel. Semoga menambah pengetahuan bagi para hotelier sekalian.

Salam Hotelier

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

×